Flowchart adalah jenis diagram yang digunakan untuk mewakili informasi dengan cara yang jelas, grafik, dan terstruktur. Dengan alat canggih ini, hadir aplikasi tanpa akhir baik dalam konteks pribadi maupun profesional.

Zen Flowchart memungkinkan Anda membuat diagram alur dengan mudah dari template yang sudah jadi:

Di bawah ini kami menampilkan beberapa kasus penggunaan diagram alur:

Flowchart Example - System Flowchart
Git Branches System Flowchart


Flowchart Example - Process Flowchart
Hiring Process Flowchart


Flowchart Example - Sales Process Map
Simple Sales Process Map


Flowchart Example - Org Chart
Org Chart


Flowchart Example - Algorithm Flow
Algorithm Flow Chart

Cara Membuat Diagram Alir

1. Petakan langkah-langkah utama

Mulailah menggambar beberapa blok utama yang mewakili langkah terpenting dalam proses Anda. Jangan khawatir tentang detailnya untuk saat ini. Flowchart sebenarnya adalah alat yang hebat untuk brainstorming, yang berarti Anda tidak perlu menyelesaikan setiap detail bagan sebelum menggambar diagram. Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat mulai dengan blok awal, dan terus bekerja sampai akhir proses. Karena diagram alur dibaca dari kiri ke kanan dan atas ke bawah, mulailah simpul pertama Anda di sudut kiri atas ruang kerja Anda.

2. Masukkan detailnya

Isi langkah-langkah yang tersisa. Kami merekomendasikan bekerja dalam urutan alami proses. Langkah opsional di sini adalah menata bagan Anda dengan berbagai bentuk dan warna agar lebih mudah diikuti.

3. Uji hasil Anda

Kerjakan semua langkah di bagan Anda untuk memastikannya jelas dan lengkap, dan tidak ada simpul terbuka yang tersisa. Ketika ada titik keputusan, pastikan opsi mencakup semua skenario yang mungkin.

4. Kumpulkan umpan balik pada diagram alur Anda

Bagikan draf diagram alur dan dapatkan umpan balik dari pengguna yang dituju. Jika diagram alur dimaksudkan hanya untuk Anda sendiri maka Anda dapat melewati langkah ini. Tetapi jika bagan dimaksudkan untuk tim atau sekelompok orang, maka penting untuk mendapatkan umpan balik mereka untuk memastikan bahwa diagram alur Anda akurat dan bermanfaat.

5. Publikasikan diagram alur

Flowchart harus dibuat mudah diakses oleh semua pihak yang terlibat. Jadi, pastikan Anda mempublikasikan karya Anda di tempat yang tepat. Perangkat lunak diagram alur kami Zen Flowchart memiliki fitur penerbitan yang berguna, yang memungkinkan Anda untuk menerbitkan dan membagikan diagram alur Anda. Setiap pembaruan di masa mendatang yang Anda buat pada dokumen akan diperbarui secara otomatis.

Jenis Flowchart

Dari bagan alur dasar, kami telah melihat proliferasinya menjadi variasi lain untuk melayani fungsi dan industri tertentu. Berikut adalah beberapa jenis diagram alur yang mungkin Anda temui:

  • Process Flowchart
  • Process Map
  • A Process Flow Diagram
  • Workflow Chart
  • Workflow Diagram

Data Flow Diagram

A type of diagram that represents the flow of data in a process or system.

Git Flow Flowchart
Git Data Flow Diagram

Swimlane Flowchart

Bagan alur dengan penambahan komponen swimlane, yang membantu mengatur simpul bagan ke dalam kelompok atau tim yang sesuai. Setiap jalur hanya akan berisi langkah-langkah yang melibatkan satu pihak. Misalnya, untuk proses perekrutan yang melibatkan banyak tim, diagram alur standar dapat diatur ulang menjadi jalur berbeda yang melibatkan tim berbeda untuk melihat pembagian tugas dan titik serah terima dalam proses dengan lebih baik.

swimlane flowchart
Swimlane Flowchart

EPC Diagram

Diagram EPC, atau diagram rantai proses yang digerakkan oleh peristiwa, digunakan untuk mendokumentasikan atau merencanakan proses bisnis. Standar ini dikembangkan dalam kerangka Arsitektur Sistem Informasi Terpadu (ARIS) oleh August-Wilhelm Scheer.

SDL Diagram

Diagram SDL, atau diagram bahasa spesifikasi dan deskripsi digunakan untuk menggambarkan spesifikasi suatu sistem. Dibandingkan dengan UML, diagram SDL berhubungan dengan aspek rinci dari suatu sistem, sedangkan UML berhubungan dengan tingkat yang lebih abstrak.

UML activity diagrams / Activity Diagrams

UML adalah bahasa pemodelan standar yang digunakan untuk memvisualisasikan desain sistem. Ini sering digunakan di bidang rekayasa perangkat lunak.

UML Diagram
UML Diagram (Source: Wikipedia)